You Are Reading

0

Paduan Suara Mahasiswa - Universitas Hasanuddin (PSM UNHAS) mengukir prestasi INTERNASIONAL lagi!!!

Pendekar MSRS Sabtu, 01 Desember 2012 , , ,
 PSM Unhas Buru Platinum di China
Kompetisi XPICC Guang Zhou China 2012


Ist PSM Unhas
 
MAKASSAR, FAJAR -- Setelah meraih delapan  penghargaan Gold (diploma, medal, dan Trophy) serta empat winner of category sejak tahun 2006, akhirnya Paduan  Suara Mahasiswa Universitas Hasanuddin  (PSM Unhas) mendapat kesempatan  mendapatkan Platinum Award pada kompetisi Xinghai Prize International Choir Championships  (XPICC) pada kategori Grand Prix di Kota Guang Zhou, China, 7–14 November 2012.

Untuk kategori Grand Prix ini hanya bisa diikuti oleh paduan suara yang pernah meraih penghargaan emas baik itu diploma, medal maupun trophy, masuk dalam daftar 200 paduan suara terbaik dunia dan pernah menjadi juara 1 pada event internasional dalam kurun 5 tahun terakhir.

PSM Unhas yang tahun lalu menjadi juara I di dua kategori (Pop dan Folklore) di Reno, Nevada USA, akan mengulang kesuksesan tersebut di China.


“Kami latihan setiap hari dan memperkuat kualitas vokal. Koreografi kami kurangi karena penilaian kali ini sangat berbeda dari kompetisi sebelumnya. Persaingan pun sangat ketat sebab peserta yang ikut semuanya telah meraih juara I di tingkat internasional," ujar Arik Anshari Sanusi, conductor dan Pelatih PSM Unhas, kepada FAJAR, kemarin.

Arik menambahkan, PSM Unhas akan bersaing memperebutkan Platinum Award dan Prize Money sebesar 5.000 Euro per kategori. "Kami akan mengikuti dua kategori yaitu folklore (lagu etnik/daerah) dan lagu pop and jazz. Semua materi sudah siap (lagu dan koreo) satu bulan terakhir ini kami gunakan untuk pemantapan dan finishing touch," tandas Arik.

Di XPICC nanti selain berkompetisi berdasarkan evaluasi artistic director setelah melihat video latihan, PSM Unhas juga didaulat untuk tampil pada Gala Concert di salah satu gedung pertunjukan terbesar di Guang Zhou.

“Pada kategori folklore kami membawakan 3 lagu daerah Sulawesi Selatan aransemen Ridho Ar-Rahman dan Arik Anshari Sanusi yaitu Ana’ Ma’bura Mali’ (Etnik Bugis), Alu To Ma’lambuk (Etnik Toraja), dan Ammacciang (Etnik Makassar). Sedangkan Kategori Pop and Jazz Kami Membawakan lagu-lagu yang populer saat ini," tutur Arik yang juga menata koreografi dan mendesain kostum PSM Unhas.

Rencananya rombongan PSM Unhas akan terbang dari Makassar ke Guang Zhou transit Jakarta pada  7 November. Setelah kompetisi, Gala Concert, dan closing ceremony pada 11 November, mereka menuju Hong Kong dan terbang dengan pesawat domestik menuju Beijing untuk mengunjungi Great Wall (Tembok China) dan beberapa tempat bersejarah di negara Tirai Bambu tersebut.

PSM Unhas Sempurna Jadi Duta Kesenian


MENAWAN. Paduan Suara Mahasiswa Unhas bersama para pendamping berpose sebelum tampil di Opera House, Guangzhou, China, tadi malam.

LAPORAN: Itji Diana Daud
Guangzhou, China

PADUAN Suara Mahasiswa (PSM) Unhas tampil meyakinkan di ajang First Xinghai Prize International Choir Championship, Jumat 9 November. 

PSM Unhas menyiapkan diri secara mandiri dengan menjunjung asas kerja sama dan integritas terhadap peran sebagai Duta Kesenian.

Selain kekompakan vokal, PSM Unhas juga menampilkan koreografi seni tari dengan menonjolkan kostum Bugis dan Toraja. Di Opera House, PSM Unhas tampil penuh percaya diri sehingga sudah menang sebelum bertanding. Mereka sungguh memesona penonton dan juri.

Tepat pukul 19.45 waktu setempat, PSM Unhas tampil sebagai peserta nomor urut ketiga. Semua yang hadir memberikan standing applaus atas penampilan yang memukau itu.

PSM Unhas di Sambut Bak Pahlawan


yang diRaih PSM Unhas diChina

Hadir Rektor Unhas, Prof Idrus Paturusi, Wakil Rektor III Ir Nasaruddin Salam MT, Wakil Rektor IV Prof Dwi Aries Tina, beserta beberapa Wakil Dekan III yang ikut dalam rombongan ke China.

Dalam sambutannya, Rektor Unhas Prof Idrus Paturusi sangat bangga dengan gelar internasional ini. (Mk1/sms)


Sahlan "Another of Me..."

0 Ocehan:

Posting Komentar