You Are Reading

0

Blog 3 - Kurikulum Pendidikan Karakter (Pendekar)

Pendekar MSRS Kamis, 25 April 2013 , ,

Apa Itu Karakter?
Dennis Coon dalam bukunya Introduction to Psychology : Exploration and Aplication mendefinisikan karakter sebagai suatu penilaian subyektif terhadap kepribadian seseorang yang berkaitan dengan atribut kepribadian yang dapat atau tidak dapat diterima oleh masyarakat. Karakter adalah jawaban mutlak untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik didalam masyarakat.

Beda Karakter dan Kepribadian (Sifat Dasar)

Kepribadian adalah hadiah dari Tuhan Sang Pencipta saat manusia dilahirkan dan setiap orang yang memiliki kepribadian pasti ada kelemahannya dan kelebihannya di aspek kehidupan sosial dan masing-masing pribadi. Kepribadian manusia secara umum ada 4, yaitu : KolerisSanguinisPhlegmatisMelankolis.
Nah, Karakternya dimana? Saat setiap manusia belajar untuk mengatasi dan memperbaiki kelemahannya, serta memunculkan kebiasaan positif yang baru, inilah yang disebut dengan Karakter. Misalnya, seorang dengan kepribadian Sanguin yang sangat suka bercanda dan terkesan tidak serius, lalu sadar dan belajar sehingga mampu membawa dirinya untuk bersikap serius dalam situasi yang membutuhkan ketenangan dan perhatian fokus, itulah Karakter.

Mengapa Setiap Anak Butuh  Pendidikan Karakter (Pendekar)?

Pada dasarnya, pada perkembangan seorang anak adalah mengembangkan pemahaman yang benar tentang bagaimana dunia ini bekerja, mempelajari ”aturan main” segala aspek yang  ada di dunia ini . Anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter apabila dapat tumbuh pada pengaruh lingkungan yang berkarakter



 

Ada 3 Cara Mendidik Karakter:

1.      Perkenalkan kepribadian dalam dan luar dirinya, melakukan  Pendidikan Karakter (Pendekar) dengan cara menata peraturan serta konsekuensi dirumah dan di luar rumah serta di lingkungan lainnya.
2.      Bebas mengetahui dengan proses bijaksana, memberikan pengetahuan bagaimana melakukan perilaku yang diharapakan untuk muncul dalam kesehariannya serta dapat dilakukannya.
3.      Tanamkan spirit (semangat) & smile (senyuman)-nya, Kondisak Emosinya dan arahkan (cerdaskan) Intelektualnya, spiritual manusia adalah kendali 40% dalam kehidupan manusia, selebihnya terlengkapi dengan emosional 30% dan intelektual 30%. Jika mampu membiasakan pribadibya bersemangat dan tersenyum (spirit & smile) hingga melahirkan kepercayaan yang bersemangat (spiritual), yang dapat menyentuh persaannya (emosional) dan memicu pemikirannya (intelektual) serta memberikan informasi yang tepat maka informasi tersebut akan menetap dalam hidupnya.
Karakter apa yang perlu ditumbuhkan dan dibentuk dalam diri anak?
  1. Karakter cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya
  2. Kemandirian dan Tanggung Jawab
  3. Kejujuran atau Amanah, Diplomatis
  4. Hormat dan Santun
  5. Dermawan, Suka Tolong Menolong & Gotong Royong
  6. Percaya Diri dan Pekerja Cerdas
  7. Kepemimpinan dan Keadilan
  8. Baik dan Rendah Hati
  9. Karakter Toleransi, Kedamaian dan Kesatuan.




Saat ini saya mewakili kami memiliki 3 program  Pendidikan Karakter (Pendekar) yang menjadi fokus dari kurikulum Pendekar, yaitu :

1. Seminar/Pelatihan (Training)
“MR. Pendekar” (Mengenal Rahasia Pendidikan Karakter)

Terkait dengan program  Pendidikan Karakter (Pendekar) pada umumnya, bagaimana menjalankan dan melaksanakan  Pendidikan Karakter (Pendekar) di lingkungan hidup, serta bagaimana cara menyusun program, rencana dan melaksanakannya, dari gagasan (ide) ke tindakan (aksi).
Program ini membekali dan memberikan wawasan pada mayarakat (peserta) pada umumnya dan keluarga pada khususnya tentang psikologi kepribadian dan karakter, cara mendidik dengan memahami mekanisme pikiran pribadi dengan Tujuh (7) Asas dan Langkah Aman dalam pendidikan karakter, serta kiat praktis dalam memahami dan mengatasi pribadi yang bermasalah dengan perilakunya.

2. Program Kurikulum  Pendidikan Karakter (Pendekar)
Home Schooling
Spirit & Smile (HS-S2)

Saya mewakili kami memberikan sistem pengajaran dan materi yang lengkap (untuk 1 periode ajaran yang bias berlanjut) serta detail dan aplikasi untuk Pendidikan dan materi untuk orang tua anak didik (ADIK). Materi ini telah diuji coba sebelumnya selama 1 tahun, disamping itu dalam program ini ada pendampingan dan training khusus untuk Anggota Pendidik/Karakter Bijak (AP/KAKAK).
Training khusus Anggota Pendidik/Karakter Bijak (AP/KAKAK) ini dikhususkan untuk menciptakan suksesnya  Pendidikan Karakter (Pendekar) di lingkungan pendidikan, disamping pemberian materi yang “advance” dari program bimbingan konseling (BK) pada umumnya. Karena disini para Anggota Pendidik/Karakter Bijak (AP/KAKAK) akan mempelajari aspek psikologi manusia (bukan hanya anak, tetapi untuk dirinya sendiri) dan menanamkan nilai-nilai kehidupan yang baik pada dirinya, anak didik (ADIK) dan keluarga. Anggota Pendidik/Karakter Bijak (AP/KAKAK) akan memiliki “tools” untuk membantu menciptakan anak yang berkarakter lebih baik.




3. Program Sosialisasi di Lembaga/Badan Pendidikan Negeri maupun Swasta
Sosialisasi “PETUALANGAN PENDEKAR” (PenyuluhanTujuh (7) Asas & Langkah Aman dalam Pendidikan Karakter)
Program ini terbagi menjadi dua sesi program :
Sesi Presentasi, yang dirancang khusus untuk kalangan pelajar usia tiga (3) s/d delapan belas (18) tahun. Sosialisasi ini bertujuan memperkenalkan serta membimbing mental anak usia dini s/d remaja. Sosialisasi ini bekerja sebagai “Nasehat Solusi” maksudnya setelah mengikuti program ini anak didik (ADIK) akan berubah menjadi anak yang mempunyai arah dan tujuan positif.
Sesi Interkaksi dan Kuesioner, membantu kami mengenal karakter pribadinya (khusus) dan lingkungannya (umum) dan memberikan solusi untuk peserta agar lebih baik, lebih sukses, lebih cerdas dalam kehidupannya. Dalam sosialisasi ini peserta akan mempelajari pengetahuan dasar yang sangat bagus untuk mempelajari berbagai teori Asas dan Langkah aman dalam Pendidikan Karakter. Memahami konsep menangani pribadi di rumah dan di luar rumah serta di lingkungan lainnya, juga lebih mudah mengerti dan memahami jalan pikirannya dan orang lain.

"Salam Spirit and Smile"

Sahlan "Another of Me..."

0 Ocehan:

Posting Komentar