You Are Reading

0

Blog 2 - Belajar dengan E-Book (Buku Elektronik)

Pendekar MSRS Kamis, 25 April 2013 , ,

E-Book (Buku Elektronik) atau electronic book (atau juga digital book) adalah evolusi dari buku cetak yang biasa kita baca sehari-hari. Dibandingkan dengan pendahulunya, E-Book (Buku Elektronik) menawarkan berbagai macam manfaat yang memudahkan kita menimba ilmu dan menambah wawasan. E-Book (Buku Elektronik) adalah buku elektronik yang bisa disimpan dengan mudah di perangkat elektronik kita. Kapasitas memori sebesar 1 GB sekalipun bisa memuat ratusan E-Book (Buku Elektronik). Jika kita punya ratusan buku cetak, sudah pasti kita butuh rak buku yang cukup besar untuk menyimpannya.
E-Book (Buku Elektronik) kini sudah semakin mudah didapat dan diakses. Apalagi untuk keperluan pendidikan. E-Book (Buku Elektronik) adalah buku yang dipublikasikan dalam format digital berisi tulisan, gambar, yang dapat dibaca memalui perangkat komputer atau perangkat digital lainnya.
E-Book (Buku Elektronik) ini biasanya merupakan salah satu format alternatif dari buku cetak. Ada banyak kelebihan E-Book (Buku Elektronik) yang tidak dimiliki buku cetak. Buku elektronik adalah bagian dari gaya hidup modern yang didukung perangkat elektronik. Di Amerika Serikat, kehadiran E-Book (Buku Elektronik) semakin menggeser buku cetak.

Kelebihan dan Keuntungan Membaca E-Book (Buku Elektronik)


E-Book (Buku Elektronik) Lebih Praktis dan Mudah Dibawa

Jika anda ingin membaca E-Book (Buku Elektronik) dimanapun anda berada, anda cukup menyalakan perangkat elektronik anda (entah itu smartphone, tablet, atau E-Book (Buku Elektronik) reader). Selama anda memegang perangkat elektronik itu, anda bisa membawa ratusan bahkan ribuan buku elektronik dengan mudah. E-Book (Buku Elektronik) adalah buku digital sehingga tidak memerlukan wadah penyimpanan dalam bentuk fisik.

E-Book (Buku Elektronik) Ramah Lingkungan

Buku cetak bisa menghabiskan banyak sekali pohon yang kita perlukan untuk menjaga keseimbangan kehidupan di bumi ini. Jika semua pohon habis ditebang untuk membuat buku cetak, tentunya kita sendiri akan merugi. Sebaliknya, E-Book (Buku Elektronik) tidak memerlukan pohon karena bentukya digital. E-Book (Buku Elektronik) bisa disalin sebanyak yang Anda suka hanya dengan mengklik tombol “copy” di perangkat elektronik. Sementara itu, pencetak buku membutuhkan ratusan lembar kertas hanya untuk membuat satu salinan buku.



 

E-Book (Buku Elektronik) Tahan Lama

E-Book (Buku Elektronik) adalah buku yang tahan lama atau bahkan abadi (everlasting). Ia tak akan mudah rusak dimakan usia. Berbeda dengan buku cetak yang makin lama akan makin menguning dan rusak. Selama data kita tidak terserang virus, dan hal ini bisa dicegah dengan penggunaan computer yang hati-hati dan pemasangan software anti virus, maka E-Book (Buku Elektronik) kita akan tetap bagus kondisinya meski usianya sudah puluhan tahun. Bandingkan dengan buku, yang mudah rusak, sobek, hilang, tulisannya pudar dan berjamur bila usia buku sudah tahunan.
Anda bisa membaca E-Book (Buku Elektronik) dimanapun anda berada, tak butuh lagi tas besar untuk membawa beberapa buku atau rak buku berderet-deret untuk menyimpan koleksi buku anda

E-Book (Buku Elektronik) Lebih Simple

E-Book (Buku Elektronik) dinilai lebih simple untuk dibawa dan disimpan, dibandingkan dengan buku cetak. Dengan format E-Book (Buku Elektronik), anda tak butuh lagi tas besar untuk membawa beberapa buku atau rak buku berderet-deret untuk menyimpan koleksi buku anda. Anda hanya butuh E-Book (Buku Elektronik) readers untuk membawa atau menyimpan buku-buku anda.

E-Book (Buku Elektronik) Lebih Murah

Ebook tidak perlu proses pencetakan hingga penerbitan yang memakan banyak biaya, sehingga E-Book (Buku Elektronik) bisa menjadi lebih murah daripada buku cetak. Selain itu ada beberapa E-Book (Buku Elektronik) yang saya mewakili kami memberikan secara gratis.

E-Book (Buku Elektronik) Lebih Portable

Asalkan ada hardware yang kompatibel untuk mengoperasikan ebook yang berekstensi .pdf dan .exe ini, mau dimanapun dan kapanpun juga kita akan tetap bisa menikmati bacaan di dalam E-Book (Buku Elektronik) dengan nyaman. Apa hardware yang dimaksud? Laptop bisa. Tablet bisa. Handphone jenis tertentu juga bisa. Sangat portable bukan?

E-Book (Buku Elektronik) dinilai lebih simple untuk dibawa dan disimpan, dibandingkan dengan buku cetak. Anda hanya butuh E-Book (Buku Elektronik) readers untuk membawa atau menyimpan buku-buku anda.




 

10 Alasan Utama Mengapa Harus Beralih ke E-Book (Buku Elektronik)


  1. Memiliki E-Book (Buku Elektronik) membuat kita menghemat tempat dan waktu. Tempat dimana kita menyimpan koleksi buku kita. Sedang waktu, kita tak perlu menyimpan buku-buku karena khawatir harus beli yang baru bila koleksi buku kita hilang.
  2. Jika kita suka menandai hal-hal yang penting dalam buku tetapi takut merusak atau membuat jelek buku karena coretan, maka alat baca ebook memungkinkan kita menandai hal-hal penting di dalam ebook tanpa takut membuatnya jelek karena coretan.
  3. Jika penerbit menjual satu juta copy dengan 250 halaman per copynya untuk satu judul buku. Itu berarti diperlukan 12.000 pohon hanya untuk memproduksi satu judul buku saja (sumber: “How to Go Green: Books” by Cindy Katz and Jennifer Wilkov). Itu artinya kita punya andil dalam perusakan lingkungan, bila membaca buku.
  4. Jika Anda merasa ukuran huruf di dalam E-Book (Buku Elektronik) terlalu kecil, maka alat baca E-Book (Buku Elektronik) memungkinkan kita untuk megubah ukuran huruf dengan mudah. Sehingga tidak ada kendala karena ukuran huruf.
  5. Dengan alat baca E-Book (Buku Elektronik) kita bisa berlangganan koran atau majalah secara online. Jadi tidak perlu menunggu loper koran mengantar ke rumah kita.
  6. Kita tidak perlu repot-repot pergi ke toko buku karena kita tinggal mendownload E-Book (Buku Elektronik) secara online dari rumah. Hal ini menghemat waktu untuk belanja dan mencari-cari buku di rak-rak toko buku.
  7. Tidak akan pernah kehabisan stok. Karena E-Book (Buku Elektronik) tersedia dalam bentuk digital, sehingga akan selalu tersedia sepanjang waktu.
  8. Alat baca E-Book (Buku Elektronik) tidak memerlukan lampu penerangan saat membaca E-Book (Buku Elektronik). Karena displaynya sudah mampu menerangi, sehingga kita bisa menghemat energi listrik.
  9. Mengenai ukuran dan capacity file, E-Book (Buku Elektronik) memerlukan file yang kecil sehingga dengan alat E-Book (Buku Elektronik) yang kecil bisa menampung ribuan ebook. Bayangkan bagaimana mudahnya sekolah karena kita cukup membawa alat sebesar novel yang mampu menyimpan ribuan E-Book (Buku Elektronik).
  10. Kita bisa menghemat uang. E-Book (Buku Elektronik) tentu saja harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan buku. Karena tidak memerlukan sumber daya dan biaya produksi yang besar.
  " Salam Spirit and Smile"

Sahlan "Another of Me..."

0 Ocehan:

Posting Komentar